Senin, 12 Januari 2015

4 fungsi manajemen




EMPAT FUNGSI MANAJEMEN
1.      Fungsi Perencanaan (planning)

          Proses untuk menentukan tujuan yang akan dicapai serta langkah -langkah yang harus diambil untuk mencapainya. Perencanaan didefinisikan sebagai suatu proses menetapkan tujuan dan memutuskan bagaimana hal tersebut dapat dicapai. Rencana meliputi sumber-sumber yang dibutuhkan, tugas yang harus diselesaikan, tindakan yang diambil dan jadwal yang diikuti. Para mahasiswa mungkin membuat rencana untuk stabilitas (plan for stability), rencana untuk mampu beradaptasi (plan for adaptibility) atau para mahasiswa mungkin juga membuat rencana untuk situasi yang berbeda agar suatu bisnis yang dijalankan dapat berjalan dengan lancar, begitu juga dalam perkuliahan kita juga harus membuat perencanaan sebelum memulai kuliah, dalam menentukan jadwal kuliah,membagi waktu kuliah,ikut serta dalam acara kemahasiswaan di kapus,  dan lain sebagainya, agar perkuliahan kita berjalan dengan lancar sesuai dengan apa yang diharapkan.

Rencana dapat berupa rencana informal atau rencana formal. Rencana informal adalah rencana yang tidak tertulis dan bukan merupakan tujuan bersama anggota suatu organisasi. Sedangkan rencana formal adalah rencana tertulis yang harus dilaksanakan  suatu organisasi dalam jangka waktu tertentu.

Kegiatan dalam Fungsi Perencanaan :
– Menetapkan tujuan dan target bisnis
– Merumuskan strategi untuk mencapai tujuan dan target bisnis tersebut
– Menentukan sumber-sumber daya yang diperlukan
– Menetapkan standar/indikator keberhasilan dalam pencapaian tujuan dan target bisnis.


Perencanaan yang baik harus memenuhi syarat sebagai berikut:
1) Memiliki tujuang yang jelas.
2) Bersifat sederhana (simple), dalam arti tidak muluk-muluk
sehingga tidak terlalu sulit dalam pelaksanaannya.
3) Memuat analisis-analisis terhadap pekerjaan yang dikerjakan.
4) Bersifat fleksibel, dalam arti dapat berubah sesuai perkembangan
yang ada.
5) Memiliki keseimbangan, yaitu keselarasan tanggung jawab dan
tujuan tiap bagian dalam perusahaan dengan tujuan akhir
yang telah direncanakan.
6) Memiliki kesan bahwa segala sesuatu itu telah tersedia serta
dapat digunakan secara efektif dan berdaya guna.



2.    Fungsi Pengorganisasian (organizing)

Proses yang menyangkut bagaimana strategi dan taktik yang telah dirumuskan dalam perencanaan didesain dalam sebuah struktur organisasi yang tepat dan tangguh, sistem dan lingkungan organisasi yang kondusif, dan dapat memastikan bahwa semua pihak dalam organisasi dapat bekerja secara efektif dan efisien guna pencapaian tujuan organisasi.

Kegiatan dalam Fungsi Pengorganisasian :
– Mengalokasikan sumber daya, merumuskan dan menetapkan tugas, dan menetapkan prosedur yang diperlukan
– Menetapkan struktur organisasi yang menunjukkan adanya garis kewenangan dan tanggungjawab
– Kegiatan perekrutan, penyeleksian, pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia/tenaga kerja
– Kegiatan penempatan sumber daya manusia pada posisi yang paling tepat

3.    Fungsi Pengarahan dan Implementasi (motivating)

Proses implementasi program agar dapat dijalankan oleh seluruh pihak dalam organisasi serta proses memotivasi agar semua pihak tersebut dapat menjalankan tanggungjawabnya dengan penuh kesadaran dan produktifitas yang tinggi.

Kegiatan dalam Fungsi Pengarahan dan Implementasi :
–  Mengimplementasikan proses kepemimpinan, pembimbingan, dan pemberian motivasi kepada tenaga kerja agar dapat bekerja    secara efektif dan efisien dalam pencapaian tujuan
–  Memberikan tugas dan penjelasan rutin mengenai pekerjaan
–  Menjelaskan kebijakan yang ditetapkan



4.    Fungsi Pengawasan dan Pengendalian (controling)

Proses yang dilakukan untuk memastikan seluruh rangkaian kegiatan yang telah direncanakan, diorganisasikan dan diimplementasikan dapat berjalan sesuai dengan target yang diharapkan sekalipun berbagai perubahan terjadi dalam lingkungan dunia bisnis yang dihadapi. Didalam kuliah kita juga harus mengawasi jalannya kuliah apakah sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan, agar segala sesuatu dapat berjalan denagn lancar.

Kegiatan dalam Fungsi Pengawasan dan Pengendalian :
– Mengevaluasi keberhasilan dalam pencapaian tujuan dan target bisnis sesuai dengan indikator yang telah ditetapkan
–  Mengambil langkah klarifikasi dan koreksi atas penyimpangan yang mungkin ditemukan
–  Melakukan berbagai alternatif solusi atas berbagai masalah yang terkait dengan pencapaian tujuan dan target bisnis

sumber : catatankuliahdigital.blogspot.com & id.wikipedia.org
http://vickyindiarto.wordpress.com/2010/10/10/fungsi-fungsi-manajemen/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar